Mengerikan!!! Inilah 12 Bahaya Mengkonsumsi Darah Bagi Kesehatan

Mengerikan!!! Inilah 12 Bahaya Mengkonsumsi Darah Bagi Kesehatan – “ Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan atasmu bangkai, darah dan daging babi dan (daging) hewan yang disembelih dengan ( menyebut nama ) selain Allah. Tetapi barang siapa terpaksa ( memakannya ) bukan karena menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

(QS. Al-Baqarah”. 173)

Itulah salah satu Firman Allah tentang hukum mengkonsumsi darah dalam islam. Darah adalah cairan yang ada didalam setiap makhluk hidup yang memiliki tingkatan tertinggi kecuali (Tumbuhan). Fungsi darah sangat berperan penting dalam menyalurkan oksigen serta seua zat penting yang ada didalam tubuh makhluk hidup dengan membawa bahan kimia metabolisme. Darah juga berfungsi sebagai pertahanan tubuh terhadap bakteri dan virus. Itu artinya dalam hal ini darah memiliki fungsi sebagai sarana transfortasi. Sebelum mengetahui Bahaya Mengkonsumsi Darah Terhadap Kesehatan, penting kita fahami dulu apa sebenarnya Peran Darah Dalam Tubuh Hewan.

Darah pada dasarnya berperan sebagai pembawa oksigen dari paru-paru atau insang keseluruh tubuh. Didalm darah terdapat hemoglobin yang merupakan senyawa organik kompleks mengandung zat besi dan globin. dalam peranya hemoglobin bergabung dengan oksigen dan paru-paru sehingga terbentuklah oksihemoglobin. Peran Penting Darah Dalam Tubuh Sebagai transportasi vitamin, hormon, protein, gula, lemak serta zat penting lainya dalam konteks ini dibutuhkan oleh tubuh. Akan tetapi darah juga mengandung berbagai macam zat sisah yang tidak lagi dibutuhkan seperti Racun, atau produk limbah yakni urea, asam urat, keratin dan karbon dioksida yang dikeluarkan melalui alat pembuangan.

Dampak Buruk Mengkonsumsi Darah Hewan yang tidak di ketahui banyak orang sangat mempengaruhi kesehatan. Setelah kita mengetahui zat-zat yang terkandung dalam darah itu artinya ketika dara telah di keluarkan dari tubuh hewan, maka darah ini sangat sensitif terhadap virus dan bakteri dimana ketika darah sudah di keluarkan virus dan bakteri tersebut akan sangat mudah berkembang biak. Maka tentulah ini merupakan Dampak Berbahaya Apabila Mengkonsumsi Darah Hewan. Dengan berkembangnya virus dan bakteri maka dia akan menjadi parasit bagi siapapun yang mengkonsumsinya. Disamping itu darah yang sudah dipenuhi dengan virus dan bakteri akan menjadi wadah meningkatnya mikroba penyebab penyakit yang bersarang dalam tubuh.

Ketika seseorang sudah mengkonsumsi darah hewan, maka mikroba tersebut akan mengalir keseluruh tubuh dan melakukan reaksi terhadap zat-zat pada tubuh dimana sifat darah yang mengandung mineral akan menjadi tempat terjadinya reaksi kimia berbahaya dalam tubuh. Sehingga dalam kondisi ini, seseorang akan mengalami pengendapan atau pembekuan dalam darah yang diakibatkan masuknya darah hewan sehingga terhambatnya aliran oksigen dalam tubuh dan fatalnya bisa mengakibatkan kematian.

Lantas bagaimana dengan beberapa pertanyaan seperti “Makan Masakan Darah Hewan? Haram Kah?“. Maraknya tradisi masyarakat indonesia sehingga banyak yang menghalalkan mengkonsumsi darah dengan menjadikanya berbagai macam olahan. Salah satu makanan olahan yang terbuat dari darah hewan adalah Marus. Tahukah anda apa itu Marus? Marus adalah makanan yang terbuat dari darah sapi segar yang baru di sembelih yang ditampung dalam wadah serta di bekukan. Dijawa barat Marus ini sangat terkenal begitu juga dibali. Namun bedanya kalau dibali olahan dari darah hewan disebut “Lawar”.

Untuk mengetahui Dampak Mengkonsumsi Darah Hewan ada beberapa sudut pandang yang harus kita pahami. Pertama kita lihat dari sudut pandang Agama. Seperti Firman Allah yang di tulis diatas yang dikatakan bahwa “Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. Tetapi barangsiapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah maha pengampun lagi Maha penyayang”.

Dapat kita ambil penjelasan bahwa darah yang diharamkan oleh Allah adalah darah yang mengalir. Adapun sisa darah yang menempel pada daging, maka tidak ada satupun dari kalangan ulama’ yang mengharamkannya”. (Al-Mulakhas Al-Fiqhi 2/461 oleh Syaikh Dr. Shahih Al-Fauzan). Jadi kalo ati ayam sama darah yang ada di tulang tidak termasuk sebagai darah yang mengalir, jadi boleh dimakan ya. Piyuh…oke deh sekarang kita lihat dari sudut pandang ilmu kedokteran.

Setelah kita mengetahui Penjelasan diatas, maka kita bisa memahami bahwa inilah indahnya Islam. Setiap apa yang sudah di perintahkan atau di larang oleh-Nya tentu tersimpan hikmah bagi seluruh umat manusia. Fakta dibalik Larangan Allah SWT untuk mengkonsumsi darah hewan tidak bisa kita abaikan. Dengan darah sebagai pertumbuhan bakteri tentu bergantung pada beberapa faktir seperti zat gizi, Suhu, waktu, air, ph dan ketersediaan oksigen. Seperti yang sudah kita bahas diatas darah yang sudah keluar dari tubuh masih mengandung oksigen dan substansi kimia yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan bakteri. Marus secara logika adalah tempat yang paling baik dalam pertumbuhan bakteri seperti E.Colli dan Brucela yang mana ketika seseorang mengkonsumsi marus ini 6 jam setelahnya mereka akan merasakan mual, muntah dan diare. Dampak Buruk Mengkonsumsi Darah Hewan Untuk Wanita Hamil akan menyebabkan keguguran. Tahukah kamu bahwa bakteri Brusella adalah bakteri yang dapat memunculkan rusidosis dimana jika tertelan atau dikonsumsi manusia dapat mengakibatkan keguguran. Nah dari penjelasan diatas sangat jelas bahwa kita tidak rugi apabilah menjalankan perinta Allah SWT dan menjauhi larangan-laranganya.

12 Bahaya Mengkonsumsi Darah Bagi Kesehatan:

1. Gagal ginjal
2. Merusak fungsi otak
3. Iritasi selaput perut
4. Gangguan fungsi usus
5. Sebabkan koma hepatik
6. Penyakit asam urat
7. Peradangan sistemik
8. Impotensi
9. infertility
10. Penyakit akibat uremia
11. Keguguran
12. Stroke
12. Gagal Ginjal

Dampak negatif Akibat Mengkonsumsi Darah Hewan diatas tentu hanyalah sebagian kecil yang BagiTau informasikan untuk anda. Pastinya masih banyak Dampak Negatif lainya yang tidak kita duga Akibat Mengkonsumsi Darah Hewan. Untuk itu mulailah membiasakan hidup sehat dengan selalu memperhatikan makanan-makanan yang akan kita konsumsi agar tidak menimbulkan hal yang tidak diinginkan.

Demikianlah Informasi mengenai 12 Bahaya Mengkonsumsi Darah Bagi Kesehatan. Semoga bermafaat. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *